Entri Populer

Minggu, 26 Agustus 2012

DHARMA ATAU AGAMA “ARTI DAN MAKNA DHARMA”


3. DHARMA ATAU AGAMA
“ARTI DAN MAKNA DHARMA”

Kata yang umum yang dipergunakan oleh Umat Hindu di India sebagai istilah kerohanian, bukanlah kata Agama tetapi kata ,,Dharma”. Kata Dharma ini berasal dari bahasa Sansekerta, dari urat kata “dhr” yang artinya menjunjung, memangku, mengatur, dan menuntun. Dharma berarti  hukum yang mengatur dan memelihara alam semesta beserta makhluk semua. Untuk peredaran alam semesta kata Dharma dapat diartikan ,,kodrat”, sedangkan untuk kehidupan umat manusia, Dharma itu dapat diartikan ajaran, kewajiban atau peraturan-peraturan suci yang memelihara dan menuntun manusia untuk mencapai kesempurnaan hidup, berupa Dharama yaitu laksana dan budi pekerti yang tinggi yang disebut Jagadhita yang akan membawa kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat dan ketentraman yang tidak didasarkan atas kebendaan atau keduniawan yang menyebabkan roh bebas dari penjelmaan dan mendapat kesucian yang bernama Moksa.


Selengkapnya: 

6 komentar:

  1. Munafik bathil takabur jahil.

    BalasHapus
  2. Dalam Kisaha Mahabharata sy kurang ngerti antara Dharma dan Adharma yg di sampaikan saat pencerahan kpd Bisma, Drona dan Karna dan ketiganya harus mati dibunuh. Kaenapa begitu kesalahan ketiganya tidka membuat kesalahan dan dosa besar tapi disebut Pendosa. Inilah ygnamanya Jakhil menurut pandangan Muslim jaman Nabi yg zholim menyalahkan org biijak yg memiliki kebenaran. Krishna ini cenderung mencari-cari dan membuat-buat kesalahan org lain aalah FITNAH. Sebagaimana Fitnah sebagian dari pembunuhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisma,guru drona,karna Ada dipihak yang salah (pihak duryodana)mereka terikat pada sumpah mereka sebagai hasil dari politik yang dilakukan sangkuni, Krishna memberikan petunjuk pada mereka Demi kebaikan agar kejahatan duryodana musnah dengan menerima kematian mereka dengan kehendak dari mereka sendiri (bisma,drona,karna) itu juga Demi kesejahteraan masyarakat hastinapura bahkan Krishna sendiri bisa memusnahk mereka semua tapi Krishna tidak mau melanggar sumpahnya sendiri

      Hapus
  3. Perang Mahabharata terjadi justru karena rekayasa Krishna agar Pandawa dan Kurawa bertempur

    Tapi Krishna tampil seolah olah menjadi duta perdamaian

    Hal ini dilakukan Krishna untuk memisahkan secara tegas antara Dharma vs Adharma tanpa menggunakan tangannnya sendiri

    BalasHapus
  4. Agama hindu dan budha juga bagus.

    BalasHapus