Entri Populer

Minggu, 26 Agustus 2012

PERCAKAPAN RSI DHARMAKIRTI DENGAN SANG SUYASA MENGENAI: “AGAMA HINDU (HINDU DHARMA)”


2. PERCAKAPAN RSI DHARMAKIRTI
DENGAN SANG SUYASA MENGENAI:
“AGAMA HINDU (HINDU DHARMA)”

Rsi (Dharmakirti):
Tidak ada salahnya orang bertanya anakku, apalagi bertujuan untuk meningkatkan jiwa dan nanti dapat diamalkan kepada masyarakat. Dan memang agama kita adalah buku terbuka, bagi siapa yang mau mengetahuinya. Baiklah anakku istilah kata agama itu sebenarnya berasal dari kata Sansekerta a dan gam. A artinya tidak dan gam artinya pergi. (Kata gam ini, dipakai juga dalam bahasa Inggris go, bahasa Belanda ga, “tidak pergi”, “tetap di tempat”, “langgeng” diwariskan secara turun temurun. Inilah arti istilah kata agama. Tetapi dalam jiwa kerohaniannya agama itu bagi kita ialah dharma dan kebenaran abadi yang mencakup seluruh jalan kehidupan (way of life-red) manusia.
Agama adalah kepercayaan hidup pada ajaran-ajaran suci yang diwahyukan oleh Sang Hyang Widhi, yang kekal abadi. Dan anakku, agama yang kita anut bernama agama hindu atau hindu dharma. Agama hindu ini diwahyukan oleh Sang Hyang Widhi yang diturunkan ke dunia, dan pertama kalinya berkembang di sekitar sungai suci Sindhu.
Tujuan agama Hindu ini adalah untuk mencapai kedamaian rohani dan kesejahteraan hidup jasmani. Di dalam pustaka suci Weda tersebut “moksartham jagadhitaya ca iti dharma” yang artinya dharma atau agama itu ialah untuk mencapai moksa (moksartham) dan mencapai kesejahteraan hidup makluk (jagadhita). Moksa juga disebut “mukti” artinya mencapai kebebasan jiwatman atau kebahagiaan rohani yang langgeng.

Selengkapnya:
  http://www.ziddu.com/download/20184235/ercakapanDharmakirtidanSangSuyasaTentangAgamaHindu.pdf.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar