Entri Populer

Minggu, 26 Agustus 2012

SILAKRAMA "Niyamabrata"


11. NIYAMABRATA

            Selain dari Yamabrata, Cilakrama menyebutkan juga Niyamabrata sebagai pokok isinya. Arti Niyamabrata tidak demikian berbeda dengan arti Yamabrata keduanya-duanya berarti “penengendaalian diri untuk mencapai kesmpurnaan keducian batin berupa Dharma dan Moksa”. Yamabrata merupakan pengendalian diri taraf kedua dalam usaha mencapai kesempurnaan dan  kesucian batin. Sebagai kami telah sebutkan dalamm hal. 34. Bahwa Niyamabrata tersebut sebagai baghan dari Astangayoga, yaitu delapan bagian pelaksanaan yoga yang disebutkan dalam Patanjali Yoga Sutra dan didalam Yogasurasanggraha Wijnana Bhiksu.
            Untuk Yamabrata, baik Patanyali Yogasutra maupun Yogasurasabggraha Wijnana Bhiksu, kedua-duanya mempunyai bagian-bagian yang hamper sama dengan naskah-naskah Jawa Kuna sebagai Wrhaspati Tattwa, Pancasiksa dan Cilakrama dan hanya satu perbedaan yang terdapat yaitu Patanyali Yogasutra dan Yogasurasanggraha Wijnana Bhiksu kedua-duanya menyebut Aparigraha, sedangkan Wrhaspati Tattwa, Pancaciksa dan Cilakrama menyebut Awwywahara[1]. Akan tetapi mengenai brata taraf kedua yang disebut Niyamabrata itu, Patanyali Yogasutra maupun Yogasaranggraha Wijnana Bhiksu jauh berbeda bagian-bagiannya dengan ketiga naskah Jawa Kuno tersebut diatas.
Patanyali Yogasutra dan Yogasaranggraha Wijnana Bhiksu menyebut Niyamabrata itu terdiri atas: Tapa, Wsadhyaya, Santosa Caucac Iswarapranidhana atau Iswarapujana.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar