Entri Populer

Sabtu, 25 Agustus 2012

SILAKRAMA " Caturpurusaartha adalah filsafat Caturacrama"


3. Caturpurusaartha adalah filsafat Caturacrama

Caturacrama dimana Brahmacari (lapangan hidup untuk menuntut ilmu dam mendidik pribadi) yang menjadi bagianya yang pertama-tama sebelum menginjak lapangan hidup (Acrama) yang lain, sebagai Grehastha (hidup berumah tangga), Wanaprastha (hidup sebagai pertapa di hutan) dan Sannyasa Bhiksuka (melepaskan diri sama sekali dari ikatan duniawi) mempergunakan Caturpurusartha sebagai pokok filsafatnya. Caturpurusartha berarti empat tujuan hidu. Adapun Caturpurusartha itu  yang pertama disebut Dharma. Dharma berati kewajiban suci sebagai : kebajikan atau amal, pengabdian perikemanusian dan segala perbuatan mulia yang disebut Chubakarma demi kebahagian lahir batin dan kesejahteraan keluarga, masyarakat dan sesamanya.
 Disamping itu Dharma adalah pembuka pintu kebahagian akhirat (swarga) dan jalan untuk mencapai ketentraman perasaan dan kebebasan roh dari penjelmaan (moksa).
 Yang kedua ialah bagian Purusartha yang disebut Artha[1], yaitu benda sebagai alat yang memberi kepuasan hidup dan kepuasan nafsu, dan yang ketiga bagian ialah bagian Purusrtha yang disebut Kama.


Selengkapnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar